Selasa, 05 Maret 2013

Definisi Visi dan Misi

Dalam suatu organisasi, pasti ada visi dan misinya. Sekolah, misalnya, biasanya mencantumkan visi dan misinya di gerbang masuk dicetak besar agar mudah dibaca oleh siapapun. Visi Misi sebagai identitas dan suatu kebanggaan yang menunjukan ke mana arah sekolah tersebut menuju. Output seperti apa yang diharapkan. Dan proses bagaimana yang dijalankan.
Visi dan misi, sudah biasa kita dengar. Sudah lazim kita sebut, atau bahkan kita sendiri sudah menentukan visi misi hidup kita. Visi misi, mudah diucapkan namun rumit untuk dirumuskan, apalagi dibahasakan. Bahkan terkadang sering terbalik, pengertian visi menjadi misi, atau sebaliknya atau lebih parah tidak kena dua-duanya. Lebih sering, kita mencontek dari lembaga orang, tanpa mau mempelajari apa sesungguhnya pengertian visi dan misi.

Visi adalah “what be believe we can be”
Misi adalah  “what be believe we can do”

Ringkasnya, Visi adalah gambaran masa depan, akan seperti apa lembaga kita. Atau visi merupakan sebuah impian yang akan dicapai, di masa yang akan datang. Sedangkan misi adalah ‘action’ dari visi. Misi adalah langkah-langkah apa yang akan dilakukan demi mencapai visi. Visi adalah tujuan. Kalau visi belum tercapai, maka misinya yang harus dirubah. Jangan malah diganti visinya, yang pada akhirnya tujuannya menjadi tidak jelas karena berubah-ubah.
Contoh visi sekolah: “Menjadi sekolah terpadu, terbaik dan terunggul”. Maka dalam misi harus dijelaskan, terpadu apanya, terbaik apanya dan terunggul apanya. Setelah diketahui “apanya” maka bagaimana langkah mewujudkannya. Dalam misi harus dirinci, langkah-langkah yang akan dituju demi mencapai visi. Visi bisa jadi sama, dengan lembaga lain. Namun misinya boleh saja berbeda, tergantung dari kesepakatan. Ibaratnya visi adalah tujuan akhir, dan misi adalah rutenya.
Ini adalah Visi dan Misi Sekolah Islam Terpadu El-Fash.
Visi
“Menjadi sekolah Islam Terpadu yang memiliki keunggulan akademis, berakhlak mulia, mandiri dan bertanggung jawab serta memiliki jiwa kewirausahaan”
Misi
- Mewujudkan pendidikan yang berlandasan ke-Islaman
- Berupaya menjadi sekolah unggulan melalui akreditasi
- Menyelenggarakan proses pendidikan yang mengedepankan kejujuran, menjunjung tinggi proses demi
meraih hasil yang terbaik
- Menyiapkan peserta didik menjadi insan mandiri, berani mengembangkan potensi diri, memiliki
kreatifitas dan bertanggung jawab
- Mewujudkan pendidikan yang mengembangkan kewirausahaan
- Penguatan peran serta Orang tua/Masyarakat dalam pengembangan sekolah

(Ismail Elfash)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar