Senin, 11 Februari 2013

Tindakan



  Tindakan
Keterampilan adalah psikomotor suatu sikap pada diri individu belum tentu terwujud dalam suatu tindakan. Agar sikap terwujud dalam perilaku nyata diperlukan faktor pendukung dan fasilitas. (Sunaryo. 2004)
 Tingkatan praktik memiliki tingkatan-tingkatan,  yaitu sebagi berikut :
1.               Persepsi, yaitu mengenal dan memilih berbagai objek sesuai dengan tindakan yang akan dilakukan. Misalnya, mahasiswi dapat memilih melakukan tindakan hygiene organ reproduksi untuk menjaga kesehatan reproduksinya.
2.               Respon terpimpin yaitu individu dapat melakukan sesuai dengan urutan yang benar sesuai contoh. Misalnya, seorang mahasiswi dapat menerapkan cara pembelajaran tindakan hygiene organ reproduksi dengan benar dan diterapkan di kehidupan sehari-hari.
3.               Mekanisme yaitu individu dapat melakukan sesuatu dengan benar secara otomatis atau sudah menjadi kebiasaan. Misalnya, seorang setiap mengalami keputihan berusaha untuk mempertahankan tindakan hygiene organ reproduksinya dengan kesadarannya sendiri.
4.               Adaptasi yaitu suatu tindakan yang sudah berkembang dan dimodifikasi tanpa mengurangi kebenaran. Misalnya,seseorang yang sudah mengetahui tindakan hygiene organ reproduksi mempertahankannya dan mengaplikasikannya setiap hari dengan cara yang benar dan menjadi suatu kebiasaannya setiap hari. (Sunaryo. 2004)
Daftar pustaka :

                       Sunaryo, (2004). Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta : EGC
 
                       Eryadi. (2004). Intisari Pengetahuan Sosial. Jakarta :Kawan Pustaka
                       Jaelani, F, A. (2004). Membuka Pintu Rezeki. Jakarta : Gema Insani Pres

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar